Minggu, 09 Mei 2010

LEVEL SISTEM INFORMASI


Level dari Sistem Informasi umumnya dibagi menjadi 4 (empat) level, terdiri dari level paling dasar sampai dengan paling atas sebagai berikut :
1.          Tingkat pertama : Office Automation; terdiri dari file-file office seperti Power Point, Spread sheet Microsoft Excel, pengolah kata Microsoft Word, juga Colaboration Portal yang dapat dipergunakan untuk mengakases email, diskusi forum, dokumen management dan sharing dokumen antar unit kerja.
2.          Tingkat kedua : Transaksional; sistem informasi disini terdiri dari aplikasi-aplikasi transaksional berbasis database. Aplikasi-aplikasi ini melakukan pekerjaan operasional dan umumnya sudah terotomatisasi umumnya inputnya banyak dan outputnya juga banyak, berupa laporan-laporan operasional.
3.          Tingkat ketiga : Decision Support System (DSS); Aplikasi-aplikasi disini terdiri dari aplikasi-aplikasi yang sifatnya untuk pengambilan keputusan tingkat manajemen, inputnya diambil dari level dibawahnya, Outputnya berupa Spreadhseet atau grafik hasis analisis. Aplikasi tersebut diantaranya adalah Online Analytical Processing (OLAP). Pada tingkat ini juga sudah tersedia adanya datawarehouse organisasi.
4.          Tingkat keempat : Executive Information System (EIS) ; Aplikasi-aplikasi disini umumnya berbentuk monitoring dan evaluasi kinerja, diantaranya adalah aplikasi berbentuk Dashboard.
Gambar  Level Sistem Informasi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar